Pelaku Usaha Wajib Tau Fungsi dan Tujuan Promosi Penjualan

fungsi dan tujuan promosi penjualan

Fungsi dan tujuan promosi penjualan dalam kegiatan pemasaran akan sangat diperlukan, karena dengan pemetaan tujuan dan sasaran promosi akan tergambarkan dengan baik serta dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana.

Bagi pelaku bisnis atau sebuah perusahaan, sepertinya tidak akan bisa lepas dari kegiatan yang berhubungan dengan promosi. Apapun bidang bisnisnya, pasti akan dihadapkan pada aktivitas yang sangat penting ini.

Apa yang menjadi fungsi dan tujuan promosi penjualan yang dilakukan oleh pelaku usaha?

Kata Promosi sendiri memiliki pengertian sebagai sebuah aktivitas yang dilakukan oleh pelaku bisnis untuk menyebarkan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat mengenai produk atau jasa yang dimilikinya.

Tujuan utama mempromosikan sebuah produk atau jasa tidak lain adalah untuk meningkatkan popularitas produk maupun jasa itu sendiri dengan harapan dapat menambah kuantitas atau angka penjualan yang signifikan sesuai yang diharapkan.

Point penting fungsi dan tujuan promosi penjualan bagi pelaku bisnis

Jika diuraikan lebih luas lagi mengenai Fungsi dan tujuan promosi maka akan didapatkan beberapa point yang biasa digunakan oleh pelaku bisnis pada umumnya. Berikut ini akan kami sebutkan tujuan dari promosi yang pelaksanaannya meliputi:

A. Melakukan pemasaran produk barang dan jasa

Pelaku usaha atau sebuah perusahaan tidak akan bisa berjalan jika tidak menghadirkan team pemasaran yang mumpuni memadai dalam rangka mengembangkan bisnisnya, karena dalam hal bisnis apapun, marketing merupakan barisan terdepan dalam mempromosikan sebuah produk maupun jasa.

Team marketing juga yang mengemban tugas sebagai perencana sekaligus penggagas strategi pemasaran untuk mengenalkan produk atau jasa lebih luas serta menciptakan banyak penjualan.

Apalagi dengan berkembangnya teknologi dari waktu ke waktu, pola pemasaran yang ada saat ini sangat bergantung terhadap media internet.

Terciptalah istilah digital marketing yang mana cara melakukan pemasaran produk barang dan jasa nya sangat unik, karena hanya menggunakan perangkat digital saja dalam menyampaikan informasi produk serta jasa yang dipasarkannya, tapi sudah dapat menjangkau masyarakat lebih luas dengan waktu yang sangat singkat.

Walaupun saat ini metode pemasaran lebih dominan menggunakan cara promosi online tapi kegiatan pemasaran offline pada produk-produk tertentu juga masih sangat diperlukan.

B. Meningkatkan penjualan produk barang dan jasa

Aktivitas pemasaran yang telah direncanakan memerlukan optimalisasi pada beberapa aspek, mendisain strategi serta Analisa yang mendalam untuk meningkatkan penjualan. Bagaimana cara agar Fungsi dan tujuan promosi penjualan dapat tercapai.

1. Menentukan segmentasi target pasar

Wajib mengetahui segmentasi target pasar sejak awal agar proses pemasaran dapat berjalan dengan lancar juga tepat sasaran.

Cocok kan jenis produk atau jasa dengan segmentasi target market yang akan digarap, bisa dengan cara mengklasifikasikan mulai dari:

  • Jenis pekerjaan
  • Besar penghasilan
  • Jenis kelamin,
  • Usia
  • Status pernikahan
  • Perilaku
  • Problem solving
  • Dll

Dibutuhkan pengalaman dalam menganalisa segmentasi target pasar yang cocok dengan jenis produk barang dan jasa yang ditawarkan. Karena hasil Analisa akan menentukan hasil akhir yang akan didapat agar fungsi dan tujuan promosi penjualan berjalan sesuai harapan.

2. Menentukan media promosi

Salah satu yang ikut menentukan keberhasilan dalam kegiatan pemasaran ialah sarana penjualan yang cocok, tepat serta harus menyesuaikan budget yang telah anggarkan. Ada beberapa media promosi yang umumnya banyak pebisnis gunakan, diantaranya:

  • Media cetak sebagai alat promosi populer
    Banner, brosure, Spanduk, buku katalog, stiker danlain sebagainya, ini semua merupakan alat promosi yang paling lama bertahan hingga sekarang, karena hingga saat ini masih banyak pelaku bisnis menggunakan media cetak ini sebagai salah satu media promosi yang efektif
  • Media pemasaran online melalui Internet
    Saat ini media promosi online telah menjadi kiblat para pelaku usaha modern, banyak dari pebisnis tradisional yang mengabaikan existensi dunia digital marketing ini, hingga banyak perusahaan yang kolaps dikarenakan tidak inovatif dan kalah dalam persaingan pemasaran modern. Jenis-jenis Media promosi yang banyak digunakan para pebisnis besar antara lain, social media, website, marketplace danlainnya.
  • Media Promosi Elektronik
    Jika memiliki bisnis besar dan bersifat jangka Panjang, Media elektronik seperti televisi dan radio bisa menjadi alternatif berpromosi, walaupun biaya promosinya relative mahal. Tapi Jika hal ini menguntungkan bagi bisnis anda tidak ada masalah untuk menjadi salah satu media promosi.

3. Menciptakan Kualitas Pelayanan Terbaik

Dalam sebuah kegiatan usaha, kualitas pelayanan menjadi tolak ukur keberhasilan sebuah aktivitas promosi yang meliputi team marketing. Jika sebuah produk barang dan jasa sudah memiliki kualitas bagus namun tidak diiringi oleh pelayanan yang baik. Maka, tidak akan meningkatkan penjualan secara signifikan atau bahkan akan semakin menurut kuantitas penjualannya.

Kualitas pelayanan di sebuah perusahaan lebih penting dari pada produk dan jasa nya itu sendiri. Ketika sebuah perusahaan memiliki standar pelayanan professional dengan sendirinya akan meningkatkan rating perusahaan tersebut.

Sehingga kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan tersebut akan terus meningkat dan otomatis fungsi dan tujuan promosi penjualan berjalan dengan baik dan membawa peningkatan omset perusahaan.

Keuntungannya, pelanggan dengan sendirinya akan menjadi marketing pasif bagi perusahaan tersebut, dikarenakan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap pelayanan yang diberikan perusahaan.

C. Evaluasi strategi pemasaran dan promosi

Evaluasi strategi pemasaran perlu dilakukan untuk mengidentifikasi Langkah-langkah mana saja yang perlu ditingkatkan dan yang perlu diberikan inovasi baru. Bisa dengan melihat hasil strategi promosi yang telah dijalankan sebagai bentuk evaluasi kinerja pemasaran.

Dalam kegiatan evaluasi pemasaran yang perlu ditinjau adalah:

  • Apakah budget yang telah dikeluarkan dalam menggunakan media promosi menghasilkan keuntungan bagi perusahaan? Jadi harus benar-benar dihitung apakah biaya yang sudah dinvestasikan sudah bisa menghasilkan.
  • Harus memiliki data pembanding antara strategi promosi yang dijalankan perusahaan dengan strategi competitor, mana yang lebih menghasilkan dan ini bisa menjadi tambahan sebagai bahan evaluasi strategi pemasaran.
  • Amati juga apakah respon pasar terhadap produk barang dan jasa yang dimiliki perusahaan direspon dengan baik, apakah produk barang dan jasa sudah mewakili kebutuhan masyarakat.
  • Evaluasi juga bagaimana servis terhadap pelanggan, apakah sudah sesuai standar perusahaan? lihat juga tanggapan masyarakat terhadap kualitas produk juga pelayanan perusahaan, apakah sudah memberikan manfaat bagi pelanggan serta memuaskan?

Jika evaluasi strategi pemasaran sudah memenuhi standard dan target tercapai maka, fungsi dan tujuan promosi penjualan berjalan dengan baik. Berikutnya pelaku usaha dapat mempertimbangkan untuk melakukan pengembangan bisnisnya ke skala yang lebih besar lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *